Sugeng rawuh... Selamat datang... Ahlan wa sahlan... Welcome...

Thursday, May 19, 2016

Warisan Munada

Jumat dinihari di penghujung tahun 1845, pasar Ciguriang di kompleks kepatihan terbakar. Bukan kebakaran biasa, karena ada perencanaan yang tidak sederhana dari persekongkolan yang melibatkan sebuah nama...Munada.
.
.
1989. Di lokasi yang sama, kobaran api menghabiskan bangunan yang menggantikan pasar Ciguriang, pusat belanja King's. 
.
.
1992. Kebakaran kembali menghabiskan bangunan pusat belanja King's yang justru membuatnya dibangun lebih luas setelah kejadian. 
.
.
2014. Media kembali mengabarkan kebakaran di pusat belanja King's. Kebakaran kali ini dikatakan sebagai yang terparah karena perlu 20jam untuk menjinakkan api. 


Bekas Kings Mall yang terbakar mulai dibongkar untuk dibangun kembali 

2016. Pagi di bulan Mei. Bersama Komunitas Aleut mengisahkan kembali huru-hara Munada. Tentang konflik yang terjadi dizamannya. Konflik yang tidak jauh dari seputar harta, tahta, dan wanita. Terlepas dari versi cerita mana yang benar, tapi karenanya Bandung memiliki Pasar Baru yang hingga hari ini menjadi rujukan belanja. Warga lokal maupun mancanegara. Dan ditahun ini bekas bangunan King's kembali diproyekkan. Dihancurkan untuk kembali didirikan.
.
Apa kata Munada?
Ya, apa kata Munada ketika ia tahu pasar yang ia bakar dahulu pun terbakar pula secara berkala di tahun-tahun berikutnya?
Dan apa pula doa Munada di sana, ketika tahun ini bangunan baru akan didirikan kembali di tempat ia dahulu menjalankan aksinya? 
Mungkin dia tersenyum dan berlalu tanpa bicara...
.
.

No comments:

Post a Comment