Sugeng rawuh... Selamat datang... Ahlan wa sahlan... Welcome...

Sunday, November 18, 2012

Me, my self, and books.

"Ndut, seneng banget sih foto pake buku."
"Nggak usah sok2an baca buku gitu deh ndut.."
"Kamu suka baca?"

Hei, membaca adalah sebuah proses yang cerdas. Imagine the world word by word...
Hobby membaca adalah sesuatu yang klasik. Dulu waktu masih berada di jenjang sekolah dasar, ketika ditanya hobby pasti jawabnya membaca. Padahal saya yakin waktu itu jawaban muncul karena asas ketenaran bahwa membaca adalah sesuatu yang keren. Bacaan utama waktu kecil adalah Bobo. Ingat? Yak, majalah dengan tokoh sentral seekor kelinci berbaju merah. Banyak tokoh dalam Bobo yang saya suka, hasan dan paman kikuk, bona dan rong-rong, kisah dari negri dongeng. Aah, dulu saya tak sekedar membaca. Bahkan mengahfal setiap ceritanya! Entah bagaimana dulu bisa saya lakukan. Mungkin karena waktu itu saya membaca sambil mengeja dan dengan suara yang lantang, tepatnya berteriak-teriak. Majalah Bobo itu sekarang entah sudah kemana, terakhir saya ingat mereka dibendel dalam satu jilidan besar yang tebal. Ada beberapa jilidan waktu itu, dan ditumpuk begitu saja. Sebenarnya sayang, tapi tak terpikir sayang waktu itu.

Mungkin saya termasuk orang yang imajiner (istilah saya), senang membayangkan sesuatu. Buruknya, ketika teman-teman saya berbicara tentang sesuatu yang menyangkut mistik, horror, imajinasi saya pun masih berputar-putar lama di kepala. Itu yang membuat saya terkesan penakut. Heeii, hanya terkesan. Aslinya mah saya pemberani. So, balik ke buku. Ayah saya, itulah sumbernya. Bertumpuk-tumpuk buku di almari dan rak-rak itu sudah habis dilalapnya. Kebanyakan tentang agama. Beliau selalu memrofokasi saya untuk membaca buku tafsir yang tebal dan berjilid2. Ya, itu belum saya lakukan. Saya lebih tertarik dengan imajinasi orang lain. Novel. Fiksi, ilmiah, sejarah, dll. Siapapun pengarangnya.

buku sejaran dan dinamika UII
One step forward, saya mulai menuliskan imajinasi saya ke dalam sebuah ketikan. Memang baru beberapa puluh lembar, we'll see apa jadinya besok. Bakal terbit kah? Hhhm, God knows!


kumpulan novel Ipung oleh Prie Gs

5 cm, by Dhoni Dhirgantoro


Sorry, agak narsis memang.. !

No comments:

Post a Comment