Sugeng rawuh... Selamat datang... Ahlan wa sahlan... Welcome...

Tuesday, September 25, 2012

Bahasa Logo (2)

Beberapa saat yang lalu, universitas saya mengadakan kompetisi logo untuk memperingati 70 tahun nya. Ya, meskipun tidak memenangkan perlombaan itu, saya cukup puas dengan hasil karya yang saya buat.
Here is it...


Universitas Islam Indonesia (UII) telah memasuki usia yang tidak muda lagi. 7 dasawarsa sudah UII terus berupaya mendidik putra/ putri bangsa menjadi generasi penerus yang tak hanya unggul di bidang intelektual namun juga di bidang spiritual keagamaan. Menjadi insan Rahmatan lil alamin…
Bentuk
1.        Secara utuh, logo berwujud angka 70 yang menandakan usia 70 tahun UII.
2.    Angka 7 yang agak bergelombang menunjukkan sikap UII yang selalu fleksibel dan terus berinovasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
3.  Angka 0 dengan tiga gelombang di atasnya distiller merupakan wujud dari jari tangan yang menggabungkan antara telunjuk dan ibu jari dengan tiga jari lain mengarah ke atas. Bentuk tersebut mengisyaratkan kesempurnaan/ perfection.
4.   Bentuk globe/ peta dunia di tengah angka 0 yang merupakan gabungan dari telunjuk dan ibu jari mengibaratkan optimisme UII untuk menjadi world class university serta perwujudan dari upaya menjadi Rahmatan lil alamin. Hal tersebut dapat tercapai dengan jalan kerja keras dari semua pihak yang disimbolkan dengan gambar tangan.
5.  Angka 0 dengan tiga gelombang di atasnya juga dapat distiller merupakan sebuah bola api yang mengisyaratkan gairah/ semangat dalam berusaha menjadi yang terbaik.
Warna
1.       Biru, diartikan sebagai ketegasan atau kewibawaan. Dapat diartikan bahwa diusia yang 70 tahun ini UII  akan semakin berwibawa dalam mendidik putra/ putrid bangsa.
2.      Kuning, diartikan sebagai pengarapan. Dapat diartikan bahwa UII selalu berkomitmen untuk mencetak lulusan yang berkualitas secara intelektual serta spiritual keagamaan. Warna tersebut diletakkan pada angka 0 yang mengelilingi globe, diartikan UII dapat berkontribusi bagi dunia internasional.
3.   Biru muda, merah, dan hijau pada gelombang di atas angka 0 diartikan sebagai spirit berinovasi, keberanian mencoba, dan kedewasaan dalam berfikir dan bertindak.

No comments:

Post a Comment