Sugeng rawuh... Selamat datang... Ahlan wa sahlan... Welcome...

Sunday, November 6, 2011

Iedul Adha, Iedul Qurban, Lebaran Haji...


Setiap tahun, ada masa dimana seluruh umat Islam di dunia (umumnya) menikmati daging sebagai menu masakan mereka... Iedul Qurban...

Idul Qurban atau Iedul Adha merupakan perspektif dari kisah nabi Ibrahim yang diperintah Alloh lewat mimpi untuk menyembelih anaknya, Ismail... Perlu waktu bagi Nabi Ibrahim untuk menyikapi mimpi yang tak hanya sekedar mimpi tersebut. Awalnya Ia menyangka itu hanya sebatas mimpi, sama seperti apa yang Siti Hajar, Istrinya sampaikan ketika Ia mintai pendapat. Namun, berbeda dengan pendapat Ismail kecil kala itu, dengan keteguhan hati Ismail menyampaikan bahwa "Ayahku, sekiranya ini merupakan wahyu dari Alloh SWT aku bersedia merelakan diriku untuk disembelih". Perkataan tersebut sangat menggambarkan keteguhan hati serta keimanan yang kuat dari Nabi Ismail. Bukan hal yang mudah bagi Nabi Ibrahim untuk menyembelih Ismail dikarenakan Ismail merupakan putra yang telah lama Ia dan Istrinya nantikan selama bertahun-tahun, dan ketika Ismail telah hadir di antara Nabi Ibrahim dan Siti Hajar, Alloh memerintahkan untuk menyembelihnya. Bukan pemikiran seorang nabi apabila masih mempertimbangkan apa pendapat orang ataupun memikirkan dirinya sendiri, satu yang pasti adalah perintah Tuhan harus dijalankan bagaimanapun situasinya. Akhirnya, Nabi Ibrahim pun telah berbulat tekat untuk menjalankan perintah menyembelih putra tercintanya.

"Wahai Ayahku, aku fikir cara yang baik untuk menyembelih adalah dengan cara aku disembelih dalam keadaan menelungkup tapi mata ayah hendaklah ditutup. Kemudian ayah hendaklah tahu arah pedang yang tajam dan ayah kenakan tepat di leherku."

Nabi Ismail mengatakan hal demikian ketika telah sampai waktunya Ia harus disembelih. Maka, nabi Ibrahim pun mengiyakan. Beliau menutup matanya, menyebut asma Alloh, dan memancungkan pedangnya. Darah terpercik, namun ketika Nabi Ibrahim refleks membuka matanya, darah tersebut berasal dari seekor kambing gibas yang telah ditukarposisikan oleh Alloh untuk menggantikan Nabi Ismail. Kisah ini disebutkan dalam Al Quran surat Ash-Shaffat 101-111.

1 ekor kambing, untuk berkurban 1 orang...

1 ekor sapi, untuk berkurban hingga 7 orang...





Text : Nurul Fatimah
Pictures : original PHARMATOGRAPHY

No comments:

Post a Comment