Sugeng rawuh... Selamat datang... Ahlan wa sahlan... Welcome...

Sunday, November 13, 2011

BOLA !

Tim GARUDA. Begitu Masyarakat Indonesia menamai kesebelasan negara ini. Dibawah naungan PSSI yang tengah bertransformasi, tim Garuda semakin liar mengepakkan sayapnya. Baru-baru ini, TimNas senior masuk babak kualifikasi Piala Dunia, dan TimNas U-23 berlaga di ajang Sea Games ke XXVI yang berlangsung di Indonesia. Menyoroti TimNas U-23 yang kondang dengan sebutan Garuda Muda dalam Sea Games XXVI memang membuat bangga. Sampai hari ini, senin 14 November 2011 sudah 3 kali mengungguli lawan. 6-0 ketika melawan Kambodja, 2-0 melawan Singapura, dan 3-1 melawan Thailand. Momentum seperti inilah yang sudah lama dirindukan bangsa ini, maju terus Garuda Muda... Kepakkan sayapmu ke penjuru dunia !

Ketika melihat sebuah event olahraga khususnya bola, ada yang disebut sebagai pemain ke 12. Siapa dia??? Ya, mereka adalah supporter. Di Indonesia, supporter TimNas selalu me'merah'kan stadion dengan kaos merah dan beragam atribut lainnya. Dukungan merekalah yang menyuplai semangat di setiap tendangan sang pemain. Di sisi lain, tepatnya di pinggir lapangan bola ada pula manusia-manusia hebat yang tetap dituntut fokus meskipun di tengah riuh rendahnya stadion. Mereka, jurnalis. Fotografer dengan lensa super panjang dan besarnya selalu membidik si bundar. Mereka memberikan supportnya dalam bentuk lain, gambar. Itulah yang dikatakan seorang guru saya yang ikut terlibat menjadi photographer di ajang Sea Games XXVI.

"Terkadang, gambar kami jauh lebih bercerita dibanding apa yang sedang di siarkan televisi..."

Mendengar cerita beliau, selalu menarik. Beberapa hal pernah dari apa yang beliau katakan pernah juga saya rasakan meskipun dalam event yang sangat jauh berbeda. Membidik setiap gerakan, ekspresi, dan keindahan menjadi hal yang berbeda kala itu...

giring bola

atur teknik


atur strategi


hadang lawan


kecewa


protes


ast. manager

Foto ini diambil pada event Pekan Olahraga dan Kreatifitas Mahasiswa 2010 yang diselenggarakan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa MIPA Universitas Islam Indonesia.


Text : Nurul Fatimah
Pictures : dekdok POTENSI 2010 n PHARMATOGRAPHY

No comments:

Post a Comment